Perpanjangan Runway Blimbingsari menjadi 2500 meter

PemkabPemkab Banyuwangi dan AP II MoU Kelola Bandara Blimbingsari Banyuwangi bersama dengan Angkasa Pura (AP) II telah menandatangani MoU pengelolaan Bandara Blimbingsari Banyuwangi. Penandatanganan MoU ini digelar di Bandara Blimbingsari, pasca digelarnya launching Penerbangan Nonstop Langsung Garuda Indonesia Jakarta-Banyuwangi.

Penandatanganan MoU ini dilakukan di depan Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Sebagai langkah awal, kata Daan, AP II masih koordinasi dengan Kementerian Perhubungan dan Pemkab Banyuwangi, terkait pembangunan dan penambahan infrastruktur bandara. Salah satunya adalah perpanjangan runway menjadi 2.500 meter dan pelebaran runway menjadi 45 meter. Pembangunan dan pengembangan infrastruktur ini direncanakan usai pada tahun ini.

Runway yang panjang dan lebar akan menarik maskapai untuk terbang ke Banyuwangi. Karena saat ini maskapai sudah banyak pakai pesawat Boeing 737. Jika banyak yang tertarik dipastikan traffic penerbangan di Banyuwangi akan meningkat. Kita gerak cepat ini,” tambahnya.

Angkasa Pura II selaku pemegang lisensi pengelolaan Bandara Blimbingsari Banyuwangi akan berusaha maksimal dalam pengembangan bandara paling ujung Pulau Jawa ini. Bukan tidak mungkin bandara ini dalam tahun depan menjadi bandara Internasional.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, pengembangan bandara menjadi salah satu kunci mendorong kemajuan daerah. Pemkab Banyuwangi. Dirinya mendukung apapun keputusan pemerintah pusat terkait pengembangan Bandara di Banyuwangi ini.

Selama ini, bandara tersebut dikelola Unit Pelayanan Bandar Udara (UPBU) Kementerian Perhubungan dan direncanakan akan dikelola AP II.

“Strategi pengelolaan Bandara Banyuwangi nantinya berbeda dengan bandara lainnya. Konsep Green Airport yang dicanangkan Banyuwangi menjadi unggulan dalam pola pengembangan bandara,” terang Azwar Anas.

Dia optimistis, dengan sinergi para pihak itu, bandara Banyuwangi bisa terus berkembang, bahkan bisa menjadi penyangga utama Bandara Ngurah Rai, Bali.

“Jadi nanti saling dukung di antara para pemangku kepentingan tersebut. Kami yakin bisa makin pesat kemajuannya,” tuturnya (hns/hns)

 

Sumber berita : detikfinance.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *