Belum Ramai Penumpang, BAPPENAS tegaskan Bandara Kertajati Tidak Mubazir

VIVA – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro menegaskan, pembangunan Bandara Internasional Kertajati, bukan pekerjaan yang mubazir. Meskipun sesaat setelah diresmikan, bandara yang berlokasi di Majalengka, Jawa Barat, tersebut masih sepi penumpang.

“Itu tidak mubazir, Kertajati itu nantinya akan jadi bandara Bandung, karena bandara Husein Sastranegara itu masih beroperasi. Padahal, desain awal bandara Bandung adalah Kertajati,” ujar Bambang usai diskusi di Jakarta, Kamis 28 Maret 2019.

Ia menegaskan, sepinya penumpang di bandara tersebut, lantaran infrastruktur yang dibangun belum selesai. Semisal, jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) dan kereta Bandung-Kertajati, yang masih dalam proses.

“Kalau sudah jadi, dia akan hidup, bahkan bisa jadi pusat pengembangan wilayah Jawa Barat bagian Timur dan Utara,” ucapnya.

Tak hanya itu, menurut dia, bandara tersebut nantinya akan bisa menjadi alternatif penerbangan internasional. Menurutnya, tak ada pembangunan infrastruktur yang instan.

“Bahkan ke depan, bisa menjadi alternatif bandara internasional,” jelas dia.

Bandara Kertajati ini diketahui merupakan bandara terbesar di Indonesia berdasarkan luasnya, setelah Bandara Soekarno-Hatta. Lokasi bandara ini sekitar 68 kilometer di Timur Bandung, yang ditujukan untuk melayani penerbangan di Cirebon, Bandung, dan sekitarnya.

 

Sumber : https://instep.id/tak-ramai-penumpang-bappenas-tegaskan-bandara-kertajati-tak-mubazir/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *