Macam-macam elektroda pentanahan

Suatu sistem pentanahan menjadi  bagian esensial  dari sistem tenaga listrik untuk mencegah potensi  bahaya  listrik terhada manusia, peralatan maupun sistem pelayanannya. Terdapat 3 macam elekroda  pentanahan yaitu bentuk batang (rod), bentuk pita (kisi-kisi), dan bentuk plat.

  1. Elektroda Batang (Rod)

Elektroda batang  yaitu elektroda dari pipa atau besi baja profil yang dipancangkan ke dalam tanah. Elektroda ini merupakan elektroda yang  pertama kali digunakan dan teori-teori berawal dari elektroda jenis ini. Elektroda ini banyak digunakan pada gardu induk. Secara teknis, elektroda jenis ini mudah pemasangannya dan tidak memerlukan lahan yang luas. Elektroda batang biasanya ditanam dengan kedalaman yang cukup dalam.

Rumus tahanan pentanahan elektroda batang tunggal:

  1. Elektroda Pita (kisi-kisi)

Elektroda pita merupakan elektroda yang terbuat dari hantaran berbentuk pita atau berpenampang bulat atau hantaran pilin yang pada umumnya ditanam secara dangkal. Pemancangan dilakukan secara vertikal dengan menanam batang hantaran secara  horizontal (mendatar) dan dangkal.

GAMBAR

Rumus tahanan pentanahan untuk elektroda pita

RUMUS

  1. Elektroda Plat

Elektroda plat merupakan elektroda dari bahan pelat logam (utuh atau berlubang) atau dari kawat kasa. Pada umumnya elektroda ini ditanam cukup dalam. Elektroda ini digunakan apabila diinginkan tahanan pentanahan yang kecil dan yang sulit diperoleh dengan menggunakan jenis-jenis elektroda yang lain.

Rumus tahanan pentanahan untuk elektroda bentuk plat:

 

Sumber artikel : https://electricdot.wordpress.com/2012/12/23/jenis-jenis-elektroda-pentanahan/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *