H.AS. Hanandjoeddin Internasional Airport, untuk menunjang KEK Tanjung Kelayang

Bandar Udara Internasional H.A.S. Hanandjoeddin (IATA: TJQ, ICAO: WIOD) atau dikenal juga dengan nama Bandar Udara Internasional Buluh Tumbang adalah sebuah Bandar udara internasional yang terletak di Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Bandar Udara ini melayani penerbangan domestik dan internasional dari Belitung menuju Jakarta, Pangkal Pinang, Kuala Lumpur, Singapura, Bandar Lampung dan Palembang. mengingat Belitung sebagai destinasi wisata baru, Bandara ini semakin membenahi infrastruktur dan pelayanannya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat acara ground breaking peletakan batu pertama di Kecamatan Sijuk, menegaskan bahwa bandara International di Tanjung Pandan akan selesai sebelum tahun baru 2017.

Saat itu Menhub menyatakan perubahan status menjadi bandara internasional akan mendukung percetapan realisasi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Belitung. Menhub Budi berharap perubahan status tersebut dapat menarik turis asing langsung mengunjungi Belitung. Maka dari itu Kemenhub berinisiatif untuk sesegera mungkin menjadikan Bandara H.AS. Hanandjoeddin sebagai bandara internasional.

Janji itu dipenuhi dengan dikeluarkannya keputusan Menteri Perhubungan No. KP 856 tanggal 22 Desember 2016 tentang peningkatan menjadi bandara internasional untuk mendukung Kawasan Ekonomi Khusus Wisata Tanjung Kelayang – Belitung sebagai salah satu dari 10 destinasi wisata unggulan nasional.
Setelah keputusan itu lahir maskapai Sriwijaya Air bisa menikmati penerbangan internasional. Maskapai itu terbang perdana rute KUL – TJQ pada Minggu 10 September 2017.

Kepala Bandara H.AS.  Hanandjoeddin Anies Wardhana mengatakan penerbangan internasional ini juga merupakan wujud kelanjutan kunjungan Menteri Perhubungan pada tahun 2016 lalu.
Bandara Internasional H.AS. Hananjoeddin saat ini melayani 2.400 penumpang tiap hari. Saat peak season jumlah penumpang bisa mencapai 3.000 perhari.
Kabandara  mengemukakan saat ini bahwa bandara ini telah melayani lima badan usaha angkutan udara nasional untuk penerbangan domestik dari Tanjung Pandan ke Jakarta dan Pangkal Pinang.

 

Sumber berita : http://www.majalahbandara.com/features/domestic/1197-h-as-hanandjoeddin-bandara-internasional-kemenhub-perlancar-arus-wisatawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *