Bandara H. Aroeppala segera punya terminal baru

Bandar Udara Haji Aroeppala adalah bandar udara yang terletak di Pulau Selayar, tepatnya di Desa Bontosunggu, Kecamatan Bontoharu, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Bandar udara ini memiliki ukuran landasan pacu 1.950 × 30 m dan bakal memiliki terminal baru penumpang pesawat.
Kepala Bandara H. Aroeppala M. Irfan Arif, mengemukakan bahwa terminal baru tersebut saat ini masih dalam proses pembangunan, diharapkan selesai pada Desember 2017. “Rencananya terminal baru akan diresmikan pengoperasiannya oleh Menteri Perhubungan, “katanya.
Dia mengemukakan bahwa terminal yang sekarang yang masih existing sudah kelihatan terlalu sempit seiring dengan meningkatnya pertumbuhan angkutan pesawat udara. “Terminal yang sekarang seluas 520 meter sudah melebihi kapasitas, “katanya.
Selain pembangunan terminal baru, manajemen bandara tersebut juga merencanakan memperluas apron bandara tersebut, sehingga bisa menampung pesawat lebih banyak lagi. “Rencananya perluasan apron baru dilakukan tahun 2018, “ujar Irfan.
Bandara H. Aroeppala saat ini terus melakukan pembenahan dan meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa kebandaraan dengan cara membangun dan meningkatkan fasilitas. Saat ini bandara itu memiliki panjang runway 1.950 x 30 m, taxiway 75 x 20 m, apron 70 x 98,6 m. “Rencana dalam 2 tahun ke depan, PCN akan di tingkatkan dari 23 menjadi 28, “katanya.
Irfan mengemukakan bahwa movement untuk pesawat Wings Air terbang satu kali setiap hari rute Makassar – Selayar PP, Susi Air satu kali setiap hari Selasa dan Kamis mengisi rute Kendari – Selayar – Bima PP. “Rencana dalam waktu dekat ini akan ada penambahan flight di Selayar, “ujarnya.
Kehadiran bandara tersebut dinilai sangat tepat untuk mendukung pariwisata di daerah setempat, mengingat Kabupaten Kepulauan Selayar miliki potensi pariwisata yang sangat luar biasa salah satunya Karang Atol Takabonerate yang artinya memiliki Karang Atol terbesar ketiga di dunia.

 

Sumber berita : http://www.majalahbandara.com/features/domestic?start=5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *