Kereta Bandara Soekarno-Hatta, berapa tarifnya?

Tarif Berkisar Rp 100.000 - Rp 150.000, Kereta Bandara Soekarno-Hatta Tak Menerima Transaksi Tunai
TRIBUNTRAVEL.COM – Operator kereta Bandara Soekarno-Hatta, PT Railink, memastikan menerapkan sistem transaksi non-tunai atau cashless untuk layanan mereka.

Dengan begitu, penumpang yang hendak naik kereta bandara tidak bisa membeli tiket dengan uang tunai seperti tiket untuk kereta api rel listrik commuter line atau kereta jarak jauh.

“Tidak ada pembelian (tiket secara) tunai di stasiun,” kata JM Marcomm and PR PT Railink, Diah Suryandari.

Diah menjelaskan, pembelian tiket untuk layanan kereta bandara hanya bisa dilakukan melalui laman, aplikasi, atau vending machine yang disediakan di tiap-tiap stasiun.

Adapun rute yang telah ditetapkan PT KAI Daerah Operasional 1 Jakarta untuk layanan kereta bandara adalah dari Stasiun Manggarai, Stasiun Sudirman Baru, Stasiun Duri, Stasiun Batu Ceper, dan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta.

“Jadi, tidak ada counter tiket di stasiun dan kami tidak mengeluarkan kartu sendiri,” tutur Diah.

Untuk membeli tiket, kata Diah, penumpang dapat bertransaksi menggunakan kartu debit, kartu kredit, hingga uang elektronik atau e-money keluaran bank-bank yang telah bekerja sama dengan PT KAI.

PT Railink masih menggodok penetapan harga tiket untuk kereta bandara.

Menurut Diah, harga tiket akan berkisar antara Rp 100.000 sampai Rp 150.000.


Tampak rute final untuk kereta Bandara Soekarno-Hatta yang dikeluarkan oleh PT KAI Daop 1 pada Selasa (23/5/2017). Kereta bandara ditargetkan beroperasi pada tengah tahun 2017
Tampak rute final untuk kereta Bandara Soekarno-Hatta yang dikeluarkan oleh PT KAI Daop 1 pada Selasa (23/5/2017). Kereta bandara ditargetkan beroperasi pada tengah tahun 2017 (KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA )

Rencana operasional layanan kereta Bandara Soekarno-Hatta sudah sampai tahap akhir.

Pihak PT Angkasa Pura II selaku yang bertanggung jawab membangun stasiun mengaku telah merampungkan bagiannya, sedangkan yang menjadi tanggung jawab PT KAI, yakni terkait sarana dan prasarana rel serta kereta api, juga hampir rampung.

Salah satu anak usaha PT KAI, PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) kini tengah memperluas peron stasiun relasi Duri-Tangerang untuk mengakomodasi layanan kereta bandara yang akan lewat sana.

 

Sumber berita : http://travel.tribunnews.com/2017/05/26/tarif-berkisar-rp-100000-rp-150000-kereta-bandara-soekarno-hatta-tak-menerima-transaksi-tunai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *