AVDGS, Teknologi Airport Modern

Automatic Docking Guidance System (ADGS) yang kini telah berubah menjadi Visual Docking Guidance System (VDGS) adalah sebuah teknologi yang dikembangkan untuk memandu pesawat melakukan pergerakan menuju parkir pesawat.

Peralatan ini secara visual akan memandu pilot melalui layar LED dengan menunjukkan arah dan jaraknya dari titik parkir yang dituju. Fungsi ini saat ini dilakukan oleh seorang marshaller dengan hanya menunjukkan arahnya saja tanpa memberikan informasi jarak.

 

Akan tetapi, bukan berarti fungsi marshaller akan ditiadakan. Melalui Local control, petugas dapat memilih jenis dan type pesawat apa yang akan parkir ditempat yang telah ditentukan dengan sangat akurat. Diketahui, teknologi sensor yang saat ini digunakan ada dua, yaitu teknologi laser dan teknologi kamera. Dengan sangat akurat, sensor mampu mendeteksi dan mengcapture keberadaan pesawat selanjutnya akan dipandu menuju parkir area.

Dalam perkembangan selanjutnya alat ini mampu diintegrasikan dengan sistem-sistem yang ada di bandara, sehingga kemudian disebut sebagai Advand Visual Docking Guidance System (AVDGS), sehingga alat ini mampu dikontrol secara remote dan memberikan informasi ke sistem terhadap pesawat yang sedang parkir.

Beberapa bandara internasional yang dikelola PT Angkasa Pura II ( AP II) telah memasang AVDGS guna mengembangkan bandara menjadi smart airport yaitu Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Bandara Kualanamu Medan. Sedangkan di PT Angkasa Pura I yang telah terpasang yaitu pada bandara Juanda Surabaya dan Ngurah rai Bali.

Tentunya, sistem ini memberikan kemudahan bagi pilot saat memarkir pesawat. Dalam cuaca yang berkabut, layar LED masih mampu terbaca dengan baik sehingga pilot tidak perlu kwatir terhadap kondisi tersebut, selain selalu diawasi oleh petugas yang selalu standby di darat.

 

Tulisan ini diolah dari berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *